Sabtu, 17 September 2016
LOMBA DEBAT BAHASA INGGRIS
A. Pendaftaran
1. Pendaftaran Dibuka 1 September - 04 Oktober 2016
2. Setiap
institusi diizinkan untuk mengirimkan maksimal 2 tim.
3. Biaya
pendaftaran sebesar Rp 150.000,00 per tim
4. Slot
yang tersedia adalah untuk 20 tim.
B.
Peserta
1. Peserta
masih berstatus sebagai siswa SMA (Regional)
2. Setiap
tim diwajibkan mengirimkan delegasinya pada saat technical meeting.
3. Kedua
debater memenuhi syarat untuk berpartisipasi jika mereka yang terdaftar sebagai
siswa di instutusi terkait yang dibuktikan oleh
surat dari institusi terkait atau kartu pengenal siswa
4. Setiap
tim terdiri dari dua anggota dimana semua anggota tim harus terdaftar di
sekolah yang sama.
5. Setiap
peserta harus mengenakan pakaian resmi pada debat tersebut.
6. Panitia
memiliki hak untuk menyelidiki keabsahan setiap orang atau lembaga yang
berpartisipasi dan cadangan berhak dihukum setiap tim atau orang yang gagal
penuhi persyaratan yang ditetapkan.
C. Sistem Lomba
menggunakan sistem British
Parliamentary (BP) yang terdiri dari
tigapreliminary rounds, semifinal dan grandfinal.
1. Preliminary
Rounds. Ini merupakan babak penyisihan. Terdapat tiga babak penyisihan yang
diikuti setiap tim untuk menentukan delapan tim terbaik berdasarkan poin
kemenangan (victory point) yang berhak maju ke semifinal rounds.
2. Semifinal
Rounds. Babak ini mempertemukan delapantim terbaik yang terbagi dalam dua ruang
debat. Dua tim terbaik dari masing-masing ruang akan maju ke babak grand final.
3. Grand
Final Round. Babak ini merupakan babak puncak yang mempertemukan empattim
terbaik untuk menentukan juara 1, 2, dan 3.
D.
Format Debat
1. Format
debat yang digunakan adalah British Parliamentary.
2. Satu
round debat terdiri atas empat tim yang masing-masing beranggota dua orang
(yang disebut sebagai ”members”), seorang moderator (yang disebut ”Speaker of
the House”).
3. Empat
tim tersebut terdiri atas anggota-anggota sebagai berikut:
Opening Government:
”Prime Minister” atau ”First Government member” dan
”Deputy Prime Minister” atau ”Second Government member”;
Opening Position:
”Leader of the Opposition” atau
”First Opposition member” dan
”Deputy Leader of the Opposition” atau ”Second
Opposition member”;
Closing Government:
”Member of the Government” atau ”Third Government
member” dan
”Government Whip” atau ”Fourth Government member”;
Closing Opposition:
”Member of the Opposition” atau ”Opposition member”
dan
”Opposition Whip” atau ”Fourth Opposition member”.
4. Para
anggota akan menyampaikan pidato mereka dengan urutan sebagai berikut:
(1)Prime Minister;
(2) Opposition Leader;
(3) Deputy Prime Minister;
(4) Deputy Opposition Leader;
(5) Member for the Government;
(6) Member for the
Opposition;
(7) Government Whip;
(8) Opposition Whip.
5. Panjang
pidato masing-masing anggota adalah 7 menit 20 detik. Mereka juga dapat
mengajukan pertanyaan (points of information) ketika anggota tim lawan sedang
menyampaikan pidatonya.
Persiapan
1. Debat dimulai setelah 15 menit case building.
2. Semua tim harus sudah berada di tempat debat lima menit sebelum debat
dimulai.
3. Para anggota diperkenankan mengunakan materi yang berupa cetakan seperti
buku, jurnal, koran, majalah selama persiapan (case building). Penggunaan alat
elektronik (laptop, video tape, kalkulator, dll) tidak diperkenankan baik
selama persiapan maupun ketika debat berlangsung.
Points of Information(
PoI)
1. PoI
boleh diajukan kepada anggota yang sedang berpidato antara menit pertama hingga
menit keenam pidato (yang panjangnya tujuh menit).
2. Untuk mengajukan PoI, seorang angota harus berdiri, mengangkat satu
tangan ke atas sementara tangan yang lain dijulurkan kearah anggota yang sedang
berpidato. Anggota yang mengajukan PoI kemudian menyatakan bahwa ia ingin
meminta ”Point of Information” atau istilah lain yang bermakna sama.
3. Anggota yang sedang berpidato boleh menerima atau menolak PoI tersebut..
4. Pengajuan PoI tidak boleh lebih dari15 detik.
5. Anggota yang sedang berpidato boleh meminta agar anggota yang mengajukan
PoI duduk, jika sudah dapat terdengar dengan jelas dan dapat dipahami.
Contact Person:
DIASTTRI WAHYU
RAHMAH DAY
-
081253261666
-
NO.REK
900-00-2402099-3 (DIASTRI WAHYU RAHMAH DAY)
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
Tidak ada komentar :
Posting Komentar